Marketing VS Sales

business_peopleSaat ini paradigma dari kebanyakan perusahaan masih menyamakan fungsi Marketing dengan Sales, padahal kalau dilihat dari sisi bahasa pun sudah jelas berbeda, Marketing berasal dari kata Market yaitu pasar dan fungsi dari Marketing pun menjadi memasarkan atau mencari pasar. Hal ini memiliki sudut pandang yang berbeda dari Sales yang berasal dari kata “jual” atau “bagian penjualan”.

Bahkan saya sependapat dengan Bapak Marketing Indonesia bahkan Asia yaitu Hermawan Kartajaya, dengan menyatakan bahwa saat ini Market lebih penting dari Marketing-nya dan Marketing sebagai suatu fungsi di satu departemen sudah mati alias tidak relevan lagi karena semua departemen di suatu perusahan harus memiliki value atau nilai-nilai Marketing. Oleh karena itu sudah sebaiknya fungsi Marketing dan Sales dipisah agar proses dari pencarian pasar dan target penjualan dapat berjalan dengan sempurna, walau Sales pun harus memiliki value dari Marketing.

Marketing ini seperti never ending story, dimana Inovasi harus stay sustainable atau tetap berkelanjutan jangan sampai kita kehabisan ide dan biarkan tiap-tiap individu di perusahaan memberikan saran dan kritik kepada kita karena setiap SDM adalah sebuah intangible asset yang belum tergali segala idenya. Bagian Sales pun demikian beratnya dengan segala beban target yang ada di kepalanya, biarkan mereka ber “Inovasi” agar mereka tidak merasa terbebani oleh perusahaan dan malah akan menghasilkan sesuatu yang mengejutkan seperti hal-hal baru dari pemikiran mereka sendiri, ya tapi tetap sesuai etika dan koridor perusahaan kita. Yang penting jangan kaku dan jadikan setiap individu menjadi asset yang tidak ternilai, gali segala potensi mereka.

FREE COACHING CLINIC !!! SEND EMAIL =

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s