Manis Sari Tebunya, Rp500 Juta Omsetnya

new_age_drink_2Bagi mereka belum pernah merasakan segar dan legitnya air tebu, bisnis sari tebu akan dipandang sebelah mata. Padahal, minuman manis ini mampu membukukan omset yang sungguh membelalakan mata yaitu lebih dari Rp500 juta! Russanti Lubis

Dunia minuman dibagi menjadi beberapa kategori, seperti soft drink, minuman keras, minuman kesehatan, dan minuman home made atau minuman yang biasa dibuat di rumah. Di luar itu, terdapat minuman lain yang tidak dapat dimasukkan ke kategori-kategori tersebut di atas, seperti sari tebu. Sebab, sari tebu dihasilkan dari hasil gigitan, kunyahan, dan isapan potongan-potongan tebu. Asyik memang, tapi tidak praktis.

Nah, Dicky Sutardi mencoba mengubah sisi tidak praktis itu menjadi praktis, dengan menggiling batang-batang tebu dari Jambi dan Padang, dengan menggunakan mesin giling tebu full stainless steel buatan Singapura. Sehingga, sari tebu itu pun berubah menjadi minuman siap saji. “Konsepnya, minuman home made tradisional dengan tagline ‘Minuman Sehat, Alami, dan Berkhasiat. Sedangkan tujuannya yaitu sebagai minuman alternatif bagi minuman ringan, terutama yang mengandung soda,” jelas Dicky, yang membangun bisnis minuman ini tiga tahun silam, di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Memang, ia melanjutkan, sampai sekarang belum jelas benar apa khasiat sari tebu. Tapi, berdasarkan berbagai sumber dikatakan bahwa minuman yang tidak asing lagi bagi orang-orang yang tinggal di lingkungan perkebunan tebu tersebut, mengandung sakarin yaitu zat aktif dalam tebu yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah yang berlebihan. “Di sisi lain, sari tebu buatan saya disajikan secara fresh (dibuat langsung di hadapan konsumen, red.), higienis, dan tidak menggunakan bahan tambahan apa pun” ujar sarjana ekonomi dari MacQuarie University, Sidney, Australia, ini.

Dari segi bisnis, ia menambahkan, tebu memunyai greget. “Karena, tebu mungkin satu-satunya bahan baku minuman di mana konsumen dapat melihat langsung bagaimana ia digiling menjadi sari tebu dan lalu dihidangkan. Jadi, ada demonya. Berbeda dengan minuman yang terbuat dari lidah buaya atau kacang hijau, misalnya, yang memerlukan persiapan lebih lama dan banyak,” jelas franchisee ice cream New Zealand Natural ini.

FREE COACHING CLINIC !!! SEND EMAIL =

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s