Bawah Sadar Perlu Instruksi Positif dan Spesifik

NLP headKemarin saya mengalami kembali situasi lucu dimana saya hendak menelepon seorang klien, tapi yang saya dial adalah nomor rumah.  Ini terjadi yang kesekian kalinya.

Sampai suara orang rumah terdengar, baru saya sadar telah salah memencet nomor.

Pernah mengalami hal yang sama?

Situasi lain yang menunjukkan pola serupa, adalah kita hendak pergi ke suatu tempat, kok kaki kita mengarahkan kita ke tempat lain.  Banyak di antara kita yang mengalami hal ini.  Kalau mau meng-generalisasi, saya bilang kita semua pernah mengalami hal ini

Pola ini terjadi seringkali saat kita dalam kondisi sadar tidak memberi instruksi yang spesifik kepada tubuh kita, sehingga bawah sadar mengambil alih dan meng-execute program2 yang sudah ada.

Karena hendak menelepon tapi pikirannya ke mana-mana, secara otomatis bawah sadar menjalankan proses dialing yang paling sering atau cenderung kita lakukan.  Kadang, kalau bawah sadarnya meng-execute secara random malah bisa repot, bukan?

Dalam sebuah seminar, seorang peserta pernah bertanya kepada saya mengenai kasus yang dialaminya, yakni mengingat dengan segera nama seseorang yang sudah lama tidak dijumpai.

Reaksi umum kita, seperti yang digambarkannya adalah “Ah, nanti kalau sudah tidak dipikirkan, nanti muncul sendiri” atau “Nanti akan muncul sendiri begitu saya berhenti memikirkannya”.  Dan betul, bahwa akan muncul sendirinya setelah tidak kita pikirkan lagi.  Masalahnya? Kapan munculnya? Kadang baru muncul sehari kemudian, seminggu, dan bagaimana kalau sedang berjalan-jalan sebulan kemudian baru muncul “Oh, Iya! Namanya Agus! Baru ingat sekarang!”

Saya kadang mengalami hal ini juga, dan setelah mempelajari komunikasi yang efektif antara sadar dan bawah sadar, saya jadi lebih sering bisa mengingat dengan lebih cepat.

Kuncinya? Instruksi yang lebih spesifik dan positif ke pikiran kita.  Bukannya “Aduh, KAYAKNYA saya tahu namanya… Siapa yach? … Ah, NANTI juga akan saya ingat…” tapi bisa dengan contoh “SAYA TAHU namanya!  Sebentar, sebentar, saya butuh kurang lebih 5 DETIK untuk mengingat….Nah!  Namanya Agus!”  Jadi lebih positif dan spesifik!

Kalau hendak melangkah atau melakukan hal lain juga sama.  Berikan instruksi yang jelas ke diri Anda, sehingga alam bawah sadar Anda tidak mengambil alih dan mengarahkan Anda melakukan sesuatu yang berbeda dari yang ingin Anda lakukan.

Cobalah dengan instruksi yang lebih POSITIF dan SPESIFIK setiap kali.

Saya sudah mencoba, dan hasilnya?  LEBIH SERING saya berhasil melakukan dan mendapatkan apa yang saya inginkan.

FREE COACHING CLINIC !!! SEND EMAIL =

Leave a Reply

