Topi Berpikir

colorTau tentang topi berpikir? Dipopulerkan oleh Dr Edward DeBono dengan 6 thinking hats-nya. Tehnik berpikir sesuai dengan warna topi yang dipakai. Tapi pada suatu seminar TDW, aku dapat 2 topi lagi, topi Abu-abu dan Polkadot. Jadi ada 8 topi deh.

Apa aja sih?

• PUTIH : Melambangkan data dan kenyataan. Cara berpikir mencari Fakta
• MERAH : Melambangkan emosi dan perasaan. Cara berpikir yang emosional
• HITAM: Melambangkan Pengacara, penilaian negatif. Cara berpikir yang mengkritisi atau mencari sisi negatifnya.
• KUNING : Melambangkan Sinar matahari, cerah, optimis dan sangat bermanfaat.Cara berpikir yang mencari sisi positif.
• HIJAU : Melambangkan kesuburan. Cara berpikir yang mencari perkembangan dan alternatif.
• BIRU: Melambangkan air dan ketenangan. Cara berpikir untuk menentukan cara berpikir.
• Abu-abu : Cara berpikir Netral, tidak memihak
• Polkadot : Cara berpikir humor, kesenangan

Lalu bagaimana aplikasinya?

Gunakan topi-topi tersebut sesuai dengan konteksnya. Misalnya kita akan rapat dengan tim bisnis kita membahas rencana produk baru yang akan diciptakan. Bisa diawali dengan menggunakan topi putih bersama-sama. Untuk mencari fakta , mengapa produk baru harus diluncurkan. Lalu Gunakan Topi biru untuk mencari sisi optimisnya.
Kemudian gunakan topi hitam untuk mengkritisi atau mencari kelemahan produk tsb yang mungkin timbul. Tujuannya agar sebisa mungkin kelemahan tersebut bisa diminimalisir atau mungkin ditiadakan.

Bagaimana jika ada yang gak nyambung? Misalnya kita sedang mencari sisi positifnya, dia justru bicara negatifnya. Gampang, ingatkan saja dia untuk menggunakan topi kuning.
Jika mentok pada suatu pembahasan tertentu, bisa gunakan topi polkadot, untuk hiburan sejenak, supaya suasana menjadi menyenangkan dan fresh.
Atau mentok bgt gak tahu mau mikir apa? Ya udah pake topi biru aja deh..

Tentunya topi yang dimaksud tidak perlu topi beneran, tapicuma kiasan aja. Tetapi kalau memang mau niat bgt, sediain topi beneran juga oke juga tuh. Biar bisa saling mengingatkan juga.
Menarik? Silakan dicoba.

FREE COACHING CLINIC !!! SEND EMAIL =

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s